Rumah Zakat Gandeng 3 Kementerian Wujudkan 5.323 Desa Berdaya

Kabar Desa | DiLihat : 452 | Kamis, 01 Maret 2018 | 11:44
Rumah Zakat Gandeng 3 Kementerian Wujudkan 5.323 Desa Berdaya

Rumah Zakat menjalin kerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan (PMK), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN).

Kerja sama tersebut dilakukan dalam rangka pembangunan 5.323 desa berdaya di tahun 2023. Menurut CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, kerja sama itu merupakan bentuk dukungan dalam program pembangunan desa. “Harapannya dengan kolaborasi ini, dapat semakin cepat mewujudkan pembangunan desa,” kata Efendi di Operational Room, Kementerian PDTT, Jakarta, Rabu (28/2).

Dia mengungkapkan, saat ini Rumah Zakat memiliki program Desa Berdaya yang didanai oleh zakat, infak, dan sedekah. Desa Berdaya sendiri merupakan program pemberdayaan warga desa oleh Rumah Zakat dari sisi ekonomi, pendidikan, hingga lingkungan.

“Dengan adanya program Desa Berdaya, kami ingin terdapat kelembagaan lokal yang berdaya untuk mengatasi permasalahannya sendiri, serta dengan pihak lain terutama pemerintah desa,” ujarnya. Selain program Desa Berdaya, menurut Nur Efendi, Rumah Zakat juga memiliki program Forum Desa Berdaya. Melalui forum ini diharapkan para pemuda pelopor di pedesaan bisa saling berbagi dan berkolaborasi untuk memberdayakan desanya.

“Forum ini juga kami harapkan bisa menjadi penghubung antara komunitas desa dengan pemerintah lokal dan nasional,” katanya.

kumparan


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau