Tinggalkan Smartphone, Nikmati Wisata Alam Tempur yang Memikat

Potensi Desa | DiLihat : 893 | Jumat, 23 Februari 2018 10:49
Tinggalkan Smartphone, Nikmati Wisata Alam Tempur yang Memikat

Desa ini bisa dibilang tersembunyi. Namun, menawarkan pesona memukau dan sayang untuk tak dikunjungi.

Jepara punya desa wisata ternama yang berada ‘tersembunyi’. Karena letaknya ditutupi gunung dari segala arah. Tapi, pesonanya sangat elok karena lokasinya dikelilingi pegunungan dan bentangan alam yang 'apa adanya'. Sahabat Sporto akan disuguhi hijaunya alam sekitar sambil menghilangkan penatnya kehidupan perkotaan.

Tempur Village atau Desa Tempur ini berada di Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah. Karena posisinya tersebut, desa ini disebut desa tersembunyi yang jauh dari smartphone. Sebab, lokasinya mempengaruhi kelancaran komunikasi akibat susah signal.

Meski demikian, Desa Tempur yang berada di tengah barisan tujuh gunung ini sangat cocok bagi petualang yang merindukan suasana sunyi. Di sini Sahabat Sporto bisa eksplorasi berbagai objek wisatanya. Seperti sisa-sisa Candi Bubrah yang konon usianya lebih tua dari Borobudur.

Meski hanya berupa sisa atau reruntuhan, candi ini sangat cocok untuk diabadikan. Bagi penggemar fotografi, candi ini sangatlah eksotis. Ada pula pesona Candi Angin yang tak jauh berada dari Bubrah.

Selain itu, Sahabat Sporto bisa menikmati segarnya air sungai yang mengalir sepanjang Desa Wisata Tempur ini. Airnya jernih dan bersih membuat siapa saja terpikat untuk bermain di sini. 

Jepara juga dikenal sebagai penghasil kopi. Sahabat Sporto bisa menjelajah perkebunan kopi yang berada di Desa Sukuh dan jangan lupa untuk mencicipi secangkir kopi khas Jepara ini.

Sebagai wisata kekinian, Desa Tempur juga punya Bukit Bejagan yang dilengkapi di spot foto berupa rumah pohon dan gardu pandang. Ada beberapa rumah pohon dengan ketinggian yang bisa dinikmati untuk berfoto berlatarkan panorama yang indah.

Menjelajah Desa Wisata Tempur ini nampaknya tak cukup sehari. Karena Sahabat Sporto juga dituntut untuk trekking untuk menuju berbagai lokasi terindahnya. Namun, jika ingin jauh dari rutinitas sehari-hari yang kadang membosankan, desa ini bisa jadi salah satu pilihannya.

Untuk mencapai lokasi, Sahabat Sporto bisa mengambil rute Jepara-Pati dari pusat Kota Jepara. Dan melalui perjalanan selama dua jam untuk bisa menemui gapura bertuliskan Selamat Datang di Desa Wisata Tempur.

sportorism



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau