Mendes: Produk Desa Bisa Bersaing dengan Promosi yang Baik

Kabar Desa | DiLihat : 456 | Senin, 31 Juli 2017 15:11
Mendes: Produk Desa Bisa Bersaing dengan Promosi yang Baik

 JAKARTA -- Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan dengan promosi yang baik produk desa bisa bersaing dengan produk-produk yang sudah ada di pasaran.

"Melalui saluran promosi yang baik, produk Produk Unggulan Desa (Prukades) dapat bersaing dengan produk-produk di pasaran. Dengan demikian, pendapatan masyarakat desa pun meningkat," ujar Eko di Jakarta, Senin (31/7).

Prukades merupakan salah satu dari empat program prioritas tahun 2017 Kemendes PDTT. Tiga program unggulan lainnya adalah mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membangun embung, dan membangun sarana olahraga desa. Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri (INMEN) nomor 1 tahun 2017 tentang kegiatan prioritas kementerian.

Sebelumnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Expo Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) 2017 untuk mempromosikan produk unggulan daerah kepada masyarakat luas. Selain mempromosikan produk, Expo Prukades juga bertujuan untuk menarik minat para investor agar berinvetasi di pedesaan.

"Ini merupakan suatu peluang yang akan menjadi daya tarik para investor, baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk masuk menggarap potensi produk unggulan yang ada di kawasan perdesaan," kata Eko.

Menteri Eko menambahkan, upaya pengembangan produk unggulan perdesaan tidak hanya melalui gelaran ekspo. Dirinya secara rutin telah memprakarsai adanya forum bisnis yang mempertemukan kepala daerah, perbankan, dan kementerian dan lembaga terkait.

"Dalam setiap forum bisnis, kita panggil sejumlah bupati dan pertemukan langsung dengan sejumlah pihak dari perusahaan, perbankan dan kementerian. Kita minta produk unggulannya apa dan kita tawarkan kepada pihak terkait. Ini merupakan solusi yang konkret dalam pengembangan Prukades," lanjut dia.

Pameran tersebut terdiri atas serangkaian kegiatan, diantaranya yakni pameran Prukades oleh pemerintah provinsi dan kabupaten, talkshow membahas pengembangan Prukades, dan berbagai pameran produk badan usaha milik desa (BUMDes). Sejumlah produk olahan yang dipamerkan diantaranya yakni produk pertanian, perikanan, peternakan, pakaian, dan kerajinan tangan.

"Jadi kita manfaatkan kesempatan kali ini sebaik-baiknya dengan meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Kita harus fokus mengembangkan dan meningkatkan mutu dan kualitas Prukades," tukas Eko.

antaranews.com



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau

Video Terbaru

Video Playlist +