Teknologi Pertanian Harus Dirasakan Seluruh Petani

Kabar Desa | DiLihat : 523 | Jumat, 9 Juni 2017 13:25
Teknologi Pertanian Harus Dirasakan Seluruh Petani

Jakarta - Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), mengatakan, pihaknya berkomitmen memperjuangkan hak-hak masyarakat tani di Indonesia. Masalah petani bukan saja tentang produktivitas untuk menuju ketahanan pangan, juga bukan hanya seputar sembako tapi juga bahan pangan lainnya.

"Kita jangan hanya sebagai penikmat pangan tapi harus menjadi kontributor terutama untuk ekspor. Kami sebagai kelembagaan memberikan dukungan baik berupa undang-undang maupun moril yang berkaitan dengan kemajuan pangan," ujar Ibas saat menerima kunjungan Pandu Tani Indonesia (Patani) di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (8/6).

Menurut Ibas, pihaknya menginginkan teknologi pertanian bisa dirasakan di seluruh Indonesia. Terlebih, lahan memang semakin mengecil, karena banyak kawasan berubah menjadi berkotaan dan lahan pertanian berubah menjadi kawasan industri atau perumahan.

Namun, kata Ibas, RAPBN 2017 memberikan dukungan kepada BUMN demi mencapai stabilisasi pangan seperti Bulog untuk memberikan kontribusi yang lebih. Menurutnya, perlibatan antara pemerintah dan swasta juga harus berimbang.

"Jangan sampai orang-orang tertentu yang menguasai ekspor impor. Kami berharap sinergi kita terus berlanjut. Berharap PATANI bisa memberikan solusi-solusi lanjutan yang bisa mengantisipasi monopoli distribusi atau harga yang cukup tinggi," katanya

beritasatu.com