Produksi PPN capai 1,1 ribu ton ikan

Ekonomi | DiLihat : 467 | Kamis, 9 Maret 2017 10:10
Produksi PPN capai 1,1 ribu ton ikan

Pontianak - Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, mampu menghasilkan 1,1 ribu ton ikan hasil tangkapan nelayan yang terdiri atasi berbagai jenis pada Februari 2017."Intinya dalam sehari dari seluruh nelayan mendapat hasil tangkapan rata-rata 30-32," kata Operator Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat Dolrohman saat dihubungi di Sambas, Rabu.Dolrohman memaparkan di seluruh area PPN Pemangkat terdapat 230 kapal nelayan yang beroperasi.

"Sebelumnya pada Januari 2017 sebanyak 283 kapal, yang sandar dan bongkar muatan di PPN, dengan produksi yang didaratkan di PPN Pemangkat sebanyak 964,12 ribu ton," kata dia.

Dikatakannya jenis ikan yang diproduksi tersebut didominasi ikan tongkol, tenggiri dan ikan layang. Sementara jenis ikan lain yang didaratkan di PPN Pemangkat seperti cumi, bawal, selar serta ikan jenis lain."Selain untuk konsumsi lokal, ikan-ikan ini dipassarkan ke Pontianak, Sinkawang, hingga Sintang," ucapnya.

Sementara itu, Kasi Kesyahbandaran PPN Pemangkat Satrio Wibowo menjelaskan ada peningkatan tangkapan ikan oleh nelayan lantaran akhir-akhir ini didukung oleh kondisi cuaca yang cukup bersahabat."Cuaca bagus terlihat dari jumlah kapal yang sandar pada hari ini ada 42 unit kapal," paparnya.

Ia menjelaskan khusus untuk Dermaga PPN Pemangkat saat ini sudah dapat menampung 70-100 kapal untuk sandar."Yang bersandar di sini 80 persen kapal nelayan lokal. Sedangkan yang 20 persen merupakan kapal-kapal yang berasal dari luar, yang turut sandar dan membongkar ikan di PPN Pemangkat," katanya.


Sumber: www.antaranews.com



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau

Video Terbaru

Video Playlist +