Komitmen Majukan Desa, Pemkab PALI Gandeng Patani

Kabar Desa | DiLihat : 662 | Selasa, 31 Januari 2017 10:37
Komitmen Majukan Desa, Pemkab PALI Gandeng Patani

PENDOPO, fornews.co- Plt Sekda Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Robby Kurniawan SSTP MSi menyatakan, bahwa desa merupakan marwah kemajuan dari suatu daerah di kabapaten/kota. Jadi, diperlukan upaya untuk memajukan percepatan perekonomian dipedesaan.

“Pemkab PALI akan berkomitmen untuk memajukan desa. Kita juga bekerjasama dengan Pandu Tani (Patani) untuk memajukan sektor perkebunan. Apalagi di PALI sangat banyak perkebunan, sehingga bisa menjadi sektor andalan,” ujarnya, saat membuka Pelatihan Perkoperasian dan Kewirausahaan bagi pelaku UKM se-Kabupaten PALI, di gedung Orkes Komplek Pertamina Pendopo, Selasa (17/01).

Robby menerangkan, dengan potensi yang dimiliki PALI, jadi setiap masyarakat harus optimis dan semangat, serta kerja keras. Karena, hampir 60% lebih masyarakat PALI ini adalah petani. “Ini akan menjadi program prioritas pemkab untuk memajukan sektor pertanian dan perkebunan. Sayangnya, pola pertanian masih tradisional dan akan diubah menjadi modern,” terangnya.

Sementara, Direktur Utama (Dirut) Patani Sumsel H Sarjan Taher, meminta setiap Kanwil dan Kacab Patani di Sumsel, untuk merangkul semua kalangan, mulai dari karang taruna, organisasi kepemudaan, termasuk Badan Nasional Narkotika (BNN), untuk mengajak dan merangkul para petani. “Agar petani mendapat banyak masukan dan arahan, agar sektor pertanian lebih baik lagi. Kita menghimbau petani di desa, supaya lahan miliknya jangan dijual agar lahan itu bisa dikelola,” ungkapnya.

Pihaknya juga, sambung Sarjan, akan berusaha mengerakkan BUMDes, hingga dapat meningkatkan perekonomian dipedesaan. “Kami harap para pemuda bisa menggairahkan sektor pertanian. Apalagi di seluruh dunia, sektor pertanian menjadi sektor utama atau unggulan,” tandasnya. (lur)

sumber : fornews.co