Desa Melek Internet Pemalang Jadi Percontohan

Desa Melek Internet Pemalang Jadi Percontohan

DESAMODERN.COM , SEMARANG – Pemkab Pemalang menjadikan seluruh desa sebagai desa mandiri dan inovatif melalui teknologi informasi. Desa melek internet itu bahkan menjadi satusatunya di Indonesia dan dijadikan percontohan nasional.

‘’Kami kembangkan desa menjadi mandiri dan inovatif sehingga warga menjadi melek teknologi informasi termasuk internet,’’ ungkap Bupati Pemalang Junaedi saat gelar wicara dan berbuka puasa bersama komponen masyarakat dan mahasiswa asal Pemalang di Semarang, Jumat (17/6).

Juanaedi menyatakan, desa adalah pilar utama pembangunan dan kemajuan kabupaten yang dipimpinnya. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka pelayanan berbasis internet di desa menjadi sebuah tuntutan.

Upaya menjadi desa melek internet pun mendapat dukungan Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (Puspindes), sukarelawan, serta SKPD terkait. Gerak cepat segera disinergikan dalam banyak langkah konkret.

Komitmen untuk memajukan desa melalui jalur teknologi infromasi bahkan telah menjadi salah satu program unggulan Pemkab Pemalang dalam RPJMD tahun 2016- 2021 Junaedi terjun langsung dalam mengawal program itu dan menularkan virus teknologi informasi kepada penggiat pembangunan desa dalam berbagai kesempatan. Hasilnya, terciptalah aplikasi Sistem Informasi Desa Kawasan Pemalang (Sidekem) yang menjadi trademark desa di Pemalang.

Melalui pendampingan yang intensif, desa-desa di Pemalang mulai beranjak menuju desa melek internet. Perangkat desa telah dibekali dengan berbagai kemampuan antara lain melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi perkantoran Libre Office, pengelolaaan laman desa, sisitem infomasi desa (SID), dan sistem keuangan desa.

Tak berhenti di situ saja, Kabupaten Pemalang telah membangun layanan desa berbasis android dengan nama Desakupemalang, merintis usaha desa dalam jaringan dengan nama Jualan Warga, membangun jaringan internet desa (tower intranet desa/internet desa), membangun layanan data Sidekem Center (command center desa) berbasis android, dan layanan radio dalam jaringan desa Puspindes. Kedepan bahkan sedang digagas untuk membagun sebuah layanan TVDesa.

Beberapa desa yang menjadi pelopor desa melek internet telah berhasil memberikan kemudahan masyarakat melalui pemanfaatan Sidekem dan aplikasi pelayanan suratmenyurat serta pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi kegiatan dan promosi desa. ‘’Kini virus melek internet itu ditularkan oleh banyak sukarelawan kami.

Mahasiswa maupun pelajar asal Pemalang dari berbagai kota ikut berpartisipasi secara sukarela untuk membantu memberdayakan desa dan masyarakatnya melalui pemanfaatan internet,’’ tegas Junaedi. (G4-67)

suaramerdeka.com

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :