Mengenal Lebih Jauh Mengenai Manfaat Media Tanam Sekam Padi

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Manfaat Media Tanam Sekam Padi

BERAS merupakan makanan pokok orang-orang Indonesia, dengan menurunnya kualitas padi bisa sangat berpengaruh pada kulitas beras yang kita konsumsi sehingga harga beras pun ikut berpengaruh. Metode dengan media tanam sekam padi sudah mulai banyak dilakukan untuk memanfaatkan limbah padi agar tidak terbuang percuma namun memberi manfaat juga untuk lingkungan.

Sekam padi adalah limbah yang dihasilkan dari bekas penggilingan beras, sekam padi tersebut sudah melalui proses pembakaran terlebih dahulu. Sekam padi ini pada akhirnya memiliki manfaat yang sangat berguna dalam bidang pertanian atau industri dan para petani pun sering menggunakan sekam padi tersebut untuk proses penggemburan tanah.

Manfaat Media Tanam Padi 

  1. Sebagai penangkal kucing yang mengganggu

Biasanya kucing sering bermain-main di halaman rumah atau di kebun rumah kita sehingga mengganggu atau merusak tanaman yang sudah kita tanam. Yang lebih parahnya lagi kucing tersebut sering buang air besar di kebun kita. Untuk mengatasi ini anda cukup menaburkan sekam padi yang agak tebal di tanah dan sekitar tanaman. Ternyata kucing tidak mau bermain atau buang air di situ karena bentuk sekam yang tajam membuat kucing takut dan tidak betah.

2. Untuk memperindah kebun dengan mulsa

Mulsa adalah pelindung tanah yang biasanya diletakkan di sekeliling tanaman, mulsa bisa terbuat dari jerami, kertas koran, dan plastik. Manfaat mulsa yaitu untuk melembapkan tanah, menghambat adanya gulma, serta disukai oleh makhluk renik yang ada di dalam tanah. Penggunaan sekam sebagai mulsa membuat kebun dan tanamanmu menjadi lebih indah dan rapi.

3. Sebagai penangkal bekicot

Bekicot selalu menjadi musuh tanaman muda, muncul di malam hari lalu memakan tanaman-tanaman yang masih muda tersebut. Untuk mengatasi bekicot yang mengganggu sebarkan sekam di tanaman anda, dijamin para bekicot itu tidak akan berani mendekat. Karena bekicot memiliki perut yang lunak sehingga tidak akan sanggup melewati sekam yang tajam.

4. Sekam bakar berguna untuk media tanam

Anda bisa menggunakan sekam bakar sebagai media taman, caranya bakar dahulu sekam tersebut. Bisa dibakar setengahnya atau seluruhnya, itu pilihan anda, lalu campurkan sekam itu dengan tanah dan kompos, setelah dibakar barulah bisa digunakan sebagai media tanam. Keuntungan menggunakan sekam bakar ini adalah banyaknya unsur hara pada tanaman dan meringankan mobilitas pot tanaman.

5. Meningkatkan struktur tanah

Campurkanlah sekam padi dengan media tanam misalnya pot atau polybag maka tanah anda akan gembur dan poros. Tanaman menyukai jenis tanah yang seperti itu, akarnya pun banyak dan merambat ke berbagai arah.

Manfaat Sekam Bakar Bagi Media Tanam 

  • Untuk mengikat unsur hara pada tanaman.
  • Dapat memperbaiki tingkat keasaman tanah.
  • Kandungan silika yang terdapat pada sekam bakar akan memperkuat daun sehingga daun-daun menjadi lebih tegak.
  • Memperkuat tanaman dan mendorong perkembangan sel-sel tanaman.
  • Tempat hidup yang baik bagi jasad renik atau mikroba yang bermanfaat.

Sekam padi berfungsi untuk menggemburkan tanah sehingga membuat akar tanaman menyerap unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Untuk jenis tanaman hias ada dua jenis sekam padi bakar yang dapat digunakan yaitu yang hangus sebanyak 50% untuk media tanam atau dicampur dan yang kedua yaitu yang hangus 100% baik untuk media tanam atau dicampur.

Sebenarnya semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik dengan sekam bakar dengan keuntungan dan manfaatnya yang banyak. Tetapi memang harganya lebih mahal karena proses pembuatannya memakan banyak waktu dan membutuhkan banyak bahan bakar. Sekam bakar juga bisa menjadi bahan organik dan kompos yang baik untuk tanah.

Bahkan, yang lebih menarik lagi, tanaman masih bisa hidup tanpa tanah tetapi masih bisa hidup di atas sekam bakar atau abu sekam. Hal itu dikarenakan terdapat adanya kandungan unsur hara yang baik bagi tanaman pada sekam bakar tersebut. Meskipun begitu, kandungan unsur hara dalam media tanam sekam padi ini sebaiknya tetap harus dicampur dengan pupuk buatan agar nutrisinya semakin meningkat. Tentunya penambahan dengan pupuk buatan juga harus disesuaikan dengan hal-hal lainnya.

mediatani

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :