HKTI Sebut Perempuan Bisa Berperan Bangun Pertanian

  • Kategori Ekonomi --
  • Jumat, 12 Januari 2018 10:53
HKTI Sebut Perempuan Bisa Berperan Bangun Pertanian

Jakarta: Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyebut perempuan mempunyai akses yang sama dalam hal pembangunan pertanian di mana perempuan bisa ikut berperan dalam pengambilan keputusan. Dukungan dan partisipasi semua pihak yang terkait sangat diharapkan untuk mewujudkan kesejahteraan.

"Selain mengurus rumah tangga, perempuan dapat membantu suami dalam mencari nafkah dan mengurus lahan pertanian atau pekarangan untuk menghidupi keluarganya," kata Ketua Umum Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.  Menurutnya perempuan sebagai sumber daya insani yang cukup besar jumlahnya saat ini merupakan subyek pembangunan yang cukup handal. Perempuan bisa menjadi kekuatan potensial bangsa yang hadir dalam jumlah yang tidak hanya besar, tetapi juga berimbang jumlahnya dengan kaum pria.  

"Menyikapi hal tersebut peran-peran perempuan yang begitu besar tentunya harus diapresiasi. Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian publik, sehingga aktivitas dari semua peran perempuan dalam berbagai bidang pembangunan dapat terekspos ke publik dengan maksud menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menilai, pihaknya perlu melakukan terobosan-terobosan dalam peningkatan ekonomi masyarakat petani khususnya kaum perempuan di sektor pertanian seperti melakukan inovasi dengan menciptakan buah melon dan buah semangka dengan bentuk kotak guna meningkatkan daya jual sebagai sumber penghasilan petani.

"Perempuan Tani juga melakukan pelatihan-pelatihan dalam upaya meningkatkan ekonomi, melakukan pendampingan-pendampingan, serta bentuk kerja-kerja yang nyata dan langsung dapat dirasakan oleh masyarakat kita," pungkasnya.

metrotvnews 

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :