Bukan Hanya Perlu Go Digital, UMKM Butuh Live Digital

  • Kategori UKM Desa --
  • Kamis, 14 September 2017 11:36
Bukan Hanya Perlu Go Digital, UMKM Butuh Live Digital

Jakarta - Seiring dengan pertumbuhan UMKM yang terus meningkat, ternyata mampu melahirkan tantangan bagi pelaku usaha UMKM untuk bersaing dengan pelaku usaha lokal maupun internasional. Salah satu tantangannya adalah kemampuan pelaku usaha dalam memanfaatkan strategi dan aktivitas pemasaran berbasis digital. Pelaku usaha tak hanya dituntut untuk tahu digital, tapi juga harus mampu menguasai sarana pemasaran di ranah digital secara strategis.

NOVAON Indonesia, sebuah digital marketing agency berbasis di Vietnam memiliki tujuan untuk menciptakan kesuksesan bagi perusahaan dengan menggunakan media online dan teknologi di era digital saat ini. Dibantu Google, NOVAON Indonesia mengedukasi para pelaku usaha UMKM untuk live digital bukan hanya go digital.

"Kami membantu para pelaku UMKM mengenal dunia digital, dan membantu mereka mencari pelanggan baru melalui online, selain itu kami juga memberikan solusi untuk menyesuaikan biaya promosi dengan kondisi masing-masing pelaku usaha," kata Ergintianus Julianta, Business Development Director NOVAON Indonesia dalam Seminar bertema Sukses Kembangkan Wirausaha Kevil Menengah di Era Digital, Rabu (13/9/2017).

Menurutnya, melalui digital semua hasil dapat terukur, seperti mengukur berapa dana yang sudah dikeluarkan dan seberapa besar manfaatnya, bahkan beberapa partner NOVAON Indonesia sudah merasakan penjualan dari hasil promosi mereka melalui digital.

“Dari data yang kami miliki, kami tahu bahwa UMKM yang online dapat tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan UMKM yang hanya berbasis offline. Pastinya, dengan menggunakan aset-aset yang tersedia online, UMKM dapat menawarkan jasa dan produk mereka kepada penonton yang tepat," kata Karim Sulisto, Partner Enablement Manager Google PSP Program lndonesia.

Pada kesempatan yang sama, Krafie.com salah satu mall online spesialis produk kreatif Indonesia turut hadir dalam seminar dan berbagi kiat usaha UMKM kepada peserta. Iim Rusyamsi, Co-Founder Krafie.com & Founder Komunitas Tangan Di Atas (TDA) melihat bahwa produk kreatif lokal UMKM di tanah air sangat banyak.

"Untuk itu, Krafie.com membantu para pelaku usaha UMKM untuk go digital dalam sebuah platform onlinespesialis karya produk kreatif negeri," kata Iim.

wartaekonomi.com

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :