Kementan Cari Inovasi Baru Pertanian, Berhadiah Total Rp 3 Miliar

Kementan Cari Inovasi Baru Pertanian, Berhadiah Total Rp 3 Miliar

Jakarta - Guna menjaring inovasi-inovasi modern di sektor pertanian, Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) menggelar kompetisi penemu muda teknologi pertanian. Kompetisi tersebut dilakukan untuk melahirkan penemuan-penemuan mutakhir di sektor pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Momon Rusmono, mengungkapkan saat ini teknologi di sektor pertanian memiliki peran strategis dalam peningkatan produksi pertanian. Melalui teknologi, maka nilai tambah produk pertanian akan meningkat.

"Percepatan inovasi teknologi sangat ditentukan oleh kapasitas sumber daya manusia (SDM) sebagai pelaku pengembang teknologi. Maka kegiatan peningkatan kapasitas SDM untuk mengembangkan teknologi perlu dilakukan, sebagai ajang memperkaya inovasi teknologi. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah memberikan kesempatan kepada generasi muda baik mahasiswa, atau masyarakat umum untuk berkompetisi di bidang inovasi teknologi sebagaimana yang digagas Gempita melalui kegiatan Agriventor 2017," kata Momon di Kementan, Jakarta, Rabu (13/9/2017).


Pada kesempatan yang sama, Kordinator Nasional Gempita, Muhammad Riyada, menambahkan kegiatan ini dimaksudkan agar dapat diikuti oleh generasi muda di bawah 30 tahun, dan dapat melahirkan teknologi-teknologi pertanian yang baru dan mutakhir dan berdaya saing.

"Jadi ujung dari maksud kegiatan ini adalah melahirkan produksi alat dan mesin pertanian dengan teknologi canggih dalam negeri," terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, lomba yang diikuti oleh seluruh universitas yang ada di Indonesia ini memiliki berbagai kategori. Antara lain kategori alat dan mesin pertanian cerdas dan canggih, kategori alat pertanian yang meningkatkan hasil pertanian, hingga kategori alat pertanian yang dapat memudahkan petani dalam proses penanaman, perawatan, hingga panen.

Total hadiah yang disediakan dalam kompetisi ini sebesar Rp 3 miliar. Pendaftaran lomba sendiri dimulai pada 11 September lalu hingga 3 Oktober mendatang. Dalam melakukan pendaftaran, peserta harus mengirim proposal dan dokumen terkait dengan jenis alat yang dibuat kepada BPPSDMP.

Kompetisi yang tak dipungut biaya ini akan berlangsung hingga 16 Desember mendatang, di mana pemenang dan penyerahan hadiah akan diumumkan.

Dalam melakukan pendaftaran, setiap universitas yang mengikuti lomba ini akan mengirim satu tim atau kelompok yang dipilih untuk mengikuti lomba, ditandai dengan pendaftaran tim yang diajukan oleh universitas ke BPPSDMP. Setelah mendaftar, pihak peserta dapat mendaftarkan jenis alat yang akan dibuat, dan di dalam pembuatan alat tersebut pihak peserta harus mampu menerangkan maksud dan tujuan, hingga keunggulan dan keuntungan bagi petani.

Usulan/proposal akan diikutkan dalam proses penilaian jika memenuhi kriteria dan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan. Persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi antara lain:
1. Mengisi formulir pendaftaran. Peserta diwajibkan mengisi dan mengirimkan pendaftaran.
2. Usulan/proposal lomba dengan penjelasan tertulis mengenai informasi sesuai ketentuan, ditulis di atas kertas ukuran A4 dengan jumlah halaman maksimum sebanyak 10 halaman diketik dengan spasi 2, dengan format pdf.
3. Usulan/proposal lomba inovasi teknologi berisi informasi tentang judul, identitas peserta (nama, nomor telepon, alamat lengkap), kontak person, deskripsi peralatan yang diikutkan dalam perlombaan (latar belakang inovasi teknologi yang dikembangkan, manfaat, spesifikasi, ukuran, bahan, biaya pembuatan, cara kerja, kelebihan dan kelemahan, dan informasi lain yang dirasa perlu).
4. Pernyataan berisi keterangan bahwa karya teknologi yang diikutkan dalam perlombaan bukan replika/menjiplak karya pihak lain dan belum pernah menjadi juara pada perlombaan.

Mekanisme Pendaftaran dan Seleksi:
1. Formulir pendaftaran dapat diunduh di www.gempita.pertanian.go.id
2. Dokumen usulan/proposal lomba dikirim ke Panitia Lomba Agriventor 2017, email: agriventor.gempita@gmail.com
3. Pendaftaran pada 11 September - 3 Oktober 2017.
4. Peserta yang lolos pada tahap seleksi proposal akan diumumkan pada 5 Oktober 2017 melalui website www.gempita.pertanian.go.id
5. Proposal/Usulan yang dinyatakan lolos dalam Tahapan Final harus diperagakan di depan Dewan Juri di Jakarta pada 14 – 15 Desember 2017. Alat yang dibuat, diperagakan dan dinilai oleh juri. Peserta yang telah lolos dan tidak hadir dianggap gugur dan didiskualifikasi.
6. Pengumuman pemenang lomba dilaksanakan di Jakarta pada 16 Desember 2017. 

detik.com

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :