FGD Tim Perumus BUMDesa Pegiringan Adakan Musyawarah Penyusunan AD/ART dan Pengurus BUMDesa

FGD Tim Perumus BUMDesa Pegiringan Adakan Musyawarah Penyusunan AD/ART dan Pengurus BUMDesa

Tujuan awal pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dimaksudkan untuk mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, baik yang berkembang menurut adat istiadat dan budaya setempat, maupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk di kelola oleh masyarakat melalui program atau proyek Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Sebagai sebuah usaha desa, pembentukan BUMDes diharapkan mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dari aspek ekonomi, sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Secara spesifik, pendirian BUMDes untuk menyerap tenaga kerja desa, meningkatkan kreativitas dan membuka peluang usaha ekonomi produktif mereka yang berpenghasilan rendah. Sasaran pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui BUMDes bertujuan untuk melayani masyarakat desa dalam mengembangkan usaha produktif. Tujuan lainnya adalah untuk menyediakan media beragam usaha dalam menunjang perekonomian masyarakat desa sesuai dengan potensi desa dan kebutuhan masyarakat.

Bertempat di ruang pertemuan Kepala Dusun Desa Pegiringan, Jum’at tanggal 7 April 2017 Pemerintah desa Pegiringan menyelenggarakan pertemuan bersama antara Pemerintah Desa, BPD, Pengurus Bumdes, tim perumus, pendamping desa serta unsur lainnya, untuk membahas persiapan Musdes ke-2 Bumdes Semesta Utama Desa Pegiringan.

Dalam sambutannya Kepala desa Pegiringan menyampaikan “sudah saatnya desa harus mempunyai visioner jauh kedepan, sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian desa”. Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Desa sangat mendorong terbentuknya BUMDes dengan PERMENDES Nomor 4 tahun 2015 BAB II tentang Pendirian BUM DESA.

Pendamping Desa Ali Ma’sum, yang hadir dalam musyawarah tersebut menyampaikan bahwa pengurus BUMDES tidak boleh rangkap jabatan, sesuai dengan Perda dan Perbub tentang Bumdes. Ali Ma’sum juga menyampaikan sebelum pelaksanaan musdes ke-2, agar AD/ART, Perdes, SK dan SOP per unit usaha BUMDES diserhakan kepada pendamping desa untuk di periksa oleh tenaga ahli.

Sementara itu Ketua BPD Desa Pegiringan Asrori dalam sambutannya  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim perumus serta undangan yang telah berkenan hadir, bersama-sama memikirkan kemajuan desa. BPD sangat mendukung, terbentuknya BUMDES di Pegiringan, Asrori menyampaikan bahwa Bumdes dibuat oleh kita untuk kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pegiringan. Pendapat yang sama juga disampaikan ketua LPMD Desa Pegiringan Moh. Jamaludin, S. Pd.I juga sangat mendukung BUMDES agar Pegiringan lebih maju dari sebelumnya.

Tim perumus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Semesta Utama desa Pegiringan telah terbentuk. Hal itu diputuskan dalam musyawarah pembentukan Tim Perumus BUMDES desa Pegiringan pada pertemuan sebelumnya. Tim yang terbentuk berjumlah 11 orang dan bertugas untuk menggali dan memetakan potensi lokal yang ada termasuk Sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Kedua menyusun AD/ART BUMDES dan yang ketita melaporkannya kepada BPD dan Pemerintah desa dalam musyawarah pembentukan bersama masyarakat.

BUMDES di desa Pegiringan harapannya bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Potensi di Pegiringan sangat banyak dan bisa dikembangkan menjadi usaha profit yang berorientasi sosial. Atau dengan istilah lain sosial bisnis. Pemberdayaan masyarakat lokal juga menjadi prioritas BUMDES kedepannya. Disamping itu butuh pemikiran-pemikiran yang kreatif. Agar kedepannya BUMDES Semesta Utama bisa maju, mandiri dan lestari mengikuti perkembangan serta mampu bersaing dengan badan usaha lainnya, sehingga perekonomian masyarakat Pegiringan akan lebih meningkat.

 

Penulis : Zabdan

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :